4 Miliuner IT Mirip Tony Stark di Dunia Nyata


Kategori : Umum

iron manMiliuner eksentrik, Tony Stark alias Iron Man sudah malang melintang di dunia komik sejak 1963. Karakter ciptaan Stan Lee ini bahkan sudah tampil di tiga film layar lebar.

Tokoh komik Marvel tersebut merupakan seorang industrialis yang menjalankan perusahaan raksasa bernama Stark Enterprises, perusahaan yang fokus pada peralatan militer berteknologi tinggi setelah kedua orang tuanya meninggal dunia.

Meski terkenal sebagai laki-laki perayu wanita alias playboy, Tony juga menggunakan otaknya yang super pintar (dua gelar master di umur 19 tahun) untuk melawan kejahatan sebagai Iron Man.

Tony memang hanya tokoh fiksi, tapi beberapa orang ada yang menyamai dirinya di dunia nyata. Memang bukan menyamai dalam hal memakai baju besi dan melawan penjahat super, tapi lebih kepada penciptaan teknologi baru, efeknya terhadap kehidupan manusia, dan tentu saja kekayaan yang berlimpah.

Siapa saja mereka? Klik tautan di bawah ini, seperti dikutip detikFinance dari Investopedia .


1. Elon Musk

Mencari solusi untuk berbagai masalah sosial, ekonomi dan lingkungan merupakan impian Musk. Ia merupakan salah satu pendiri perusahaan pembayaran online PayPal dan SolarCity. Kedua perusahaan itu juga terkenal akan perjuangannya melawan pemanasan global serta polusi udara dengan melakukan pelayanan yang ramah lingkungan.

Ia juga sudah membangun Space Exploration Technologies Corporation (Space X) dan Tesla Motors. Sebagai CEO Space X, ia memimpin sebuah tim yang diharapkan bisa merancang roket serta pesawat luar angkasa dengan tujuan mencari planet lain yang bisa dijadikan tempat tinggal baru umat manusia.
Salah satu roket yang ia berhasil terbangkan ke luar angkasa adalah Falcon 1, meski belum berhasil menemukan planet baru yang bisa ditinggali manusia. Sementara Tesla Motors adalah produsen mobil listrik, mobil yang ramah lingkungan.

Pria kelahiran Afrika Selatan itu punya gelar sarjana ekonomi dan fisika dari Universitas Pennsylvania serta sarjana bisnis dari Wharton. Jon Favreau, sutradara film "Iron Man" dan "Iron Man 2," mengatakan Musk adalah inspirasinya dalam membentuk karakter Tony Stark. Musk punya kekayaan senilai US$ 2 miliar (Rp 18 triliun).

2. Larry Page


Google sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat urban di dunia ini, dan Page merupakan salah satu dari duo yang menghadirkan mesin pencari tersebut ke dunia ini. Page bersama teman satu kampusnya di Universitas Stanford, Sergey Brin, mulai mengembangkan Google yang dulu bernama BackRub, pada 1996 silam .

Hanya dua tahun kemudian, PC Magazine menyatakan mesin pencari milik keduanya itu masuk situs Top 100 tahun 1998. Kini, tak hanya mesin pencari, perusahaan tersebut juga sudah merambah bisnis email, jejaring sosial, peta 3 dimensi, musik, cloud document creation, high-speed broadband network, ponsel pintar, komputer tablet dan banyak lagi. Perusahaan ini juga merupakan pemilik situs unggah video terkenal, YouTube.

Sebagai CEO, Page punya kekayaan senilai US$ 20.3 miliar (Rp 182,7 triliun). Page juga punya hubungan dengan miliuner lain yang juga mirip 'Tony Stark di dunia nyata', ia punya saham di Tesla Motors. Selain itu, Richard Branson, pendiri sekaligus CEO Virgin Group, menjadi pendamping pria saat pernihakannya 2007 lalu.

3. Howard Hughes

Howard Hughes merupakan sutradara sekaligus penerbang legendaris. Kehidupannya yang unik sama terkenalnya dengan reputasi perusahaannya, sampai ia akhirnya meninggal karena gagal ginjal di 1976.

Hughes dilahirkan di keluarga kaya tahun 1905 dan mewarisi perusahaan milik ayahnya Hughes Tool di umur 17 tahun. Ia juga sempat memproduksi beberapa film yang terkenal, seperti "Hell's Angels," "Scarface" dan "The Outlaw" dalam rentang tahun 1930 dan 1941.

Ia juga mendirikan Hughes Aircraft Company dan anak usahanya, Hughes Electronics. Kedua perusahaan itu memasok pesawat tempur dan senjata terbaru untuk militer Amerika Serikat (AS). Sementara di luar dunia kerjanya, Hughes terkenal sebagai perayu wanita alias playboy. Ia diberitakan pernah pacaran dengan banyak aktris, termasuk Katharine Hepburn, Ava Gardner dan Bette Davis.

Ia sendiri dirumorkan punya phobia terhadap kuman, sehingga sedikit menghindari kontak fisik dengan orang asing. Hughes sendiri menghabiskan 20 tahun hidup terakhirnya bersembunyi dari publik di berbagai lokasi di dunia.

Hughes punya kekayaan senilai US$ 2 miliar (Rp 18 triliun) dan mendapat gelar orang terkaya di dunia pada masanya. Hughes juga merupakan inspirasi terbesar Stan Lee saat ia pertama kali menerbitkan komik Iron Man pada 1963.

4. Richard Branson

Miliuner asal Inggris ini merupakan penemu Virgin Group, sebuah perusahaan yang membawahi lebih dari 250 perusahaan di berbagai lini industri, mulai dari perjalanan darat dan udara, penerbit buku, operator telepon seluler, hiburan, produsen minuman anggur, pusat kebugaran dan banyak lagi.

Penemuan terbarunya adalah wisata luar angkasa. Pada 2009, ia mengumumkan perjalanan luar angkasa pertamanya terbuka untuk publik yang dikembangkan oleh Virgin Galactic, memakai pesawat bernama The Enterprise. Siapapun bisa menikmati perjalanan ke luar angkasa dengan tiket seharga US$ 200 ribu (Rp 1,8 miliar).

Dengan kekayaan senilai US$ 4,2 miliar (Rp 37,8 triliun), bukanlah hal yang aneh jika ia mampu membeli sebuah pulau pribadi, Necker Island, yang berada di wilayah kepulauan Virgin, Inggris. Di pulau itulah Branson tinggal bersama keluarganya.

   Google Plus