Ini Dia 10 Negara Dengan Internet Tercepat


Kategori : Umum

Riset terbaru mengenai kecepatan internet negara-negara di dunia kembali dirilis oleh Akamai. Akamai adalah sebuah perusahaan perusahaan internet content delivery yang menganalisis kecepatan internet dengan tool tertentu.

Laporan terbaru ini dikumpulkan dari April sampai Juni 2013. Akamai menyatakan kecepatan internet global rata-rata menapai 3,1 Mbps, naik 17% dari tahun lalu.

Lalu, negara mana saja yang menempati posisi 10 besar koneksi internet rata-rata paling kencang? Berikut daftar terbarunya berdasarkan riset Akamai.

1. Korea Selatan

Korea Selatan belum juga tergoyahkan sebagai negara dengan koneksi internet paling ngebut di dunia. Negeri Ginseng ini mencatat kecepatan koneksi rata-rata 14,2Mbps.

Sayangnya, kecepatan koneksi internet di Korsel menurun cukup dratis. Dengan persentase penurunan 10% dibandingkan tahun lalu.

2. Jepang
Jepang berhasil menempati posisi runner up negara dengan koneksi internet terkencang. Negeri Sakura ini mencatat kecepatan koneksi rata-rata 11,7Mbps.

Kecepatan internet di Jepang naik sedikit, sebesar 6,8% dari catatan tahun lalu.

3. Hong Kong

Hong Kong memang bagian dari China, namun seringkali dipisahkan karena memang cukup independen. Negara ini punya internet kencang dengan kecepatan rata-rata 10,9Mbps.

Hong Kong berhasil meningkatkan kecepatan internetnya sebesar 16% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

4. Swiss
Swiss menjadi negara di Eropa dengan koneksi internet yang paling ngebut. Negara yang terkenal dengan industri jamnya itu memiliki koneksi internet rata-rata 10,1Mbps.

Swiss berhasil meningkatkan kecepatan koneksi sebesar 24% dibandingkan tahun lalu.

5. Belanda

Belanda juga tidak mau kalah untuk urusan koneksi internet kencang. Negara yang pernah menjajah Indonesia ini menurut riset Akamai memiliki koneksi internet rata-rata 9,9Mbps.

Belanda berhasil meningkatkan kecepatan koneksinya sebesar 12% dari periode yang sama tahun lalu.

6. Latvia
Latvia unjuk gigi sebagai salah satu negara Eropa yang punya kualitas internet mumpuni. Dengan kecepatan internet rata-rata 9,8Mbps.

Latvia behasil meningkatkan kecepatan koneksi internet sebesar 12% dari raihan periode tahun sebelumnya.

7. Republik Ceko
Untuk urusan koneksi internet, Republik Ceko boleh berbangga karena termasuk yang tercepat di dunia. Dengan kecepatan koneksi internet rata-rata 9,6Mbps.

Negara di Eropa Timur ini berhasil meningkatkan kecepatan koneksinya sebesar 34% dari periode setahun sebelumnya.

8. Swedia
Negara yang bertetangga dengan Denmark ini juga memiliki koneksi internet yang bisa diandalkan. Kecepatan rata-rata koneksi di sana mencapai 8,9Mbps.

Kecepatan koneksi internet di Swedia naik cukup drastis dari catatan tahun lalu, sebesar 32%.

9. Amerika Serikat
Amerika Serikat masuk ke posisi 9 negara dengan kecepatan rata-rata internet tercepat. Negeri Paman Sam memiliki kecepatan koneksi 8,6Mbps.

AS berhasil meningkatkan kecepatan koneksinya sebesar 27% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2012.

Sumber  : detik.com

   Google Plus