Ini Dia Fakta Menarik Tentang Instagram


Kategori : Umum

instagramInstagram terhitung perusahaan start up teknologi. Namun berkat popularitasnya yang menjulang, Facebook rela membelinya senilai USD 1 miliar atau di kisaran Rp 9,1 triliun. Berikut beberapa fakta menarik tentang Instagram yang kutip dari berbagai sumber:

1. Instagram didirikan oleh dua pemuda lulusan Stanford University, Kevin Systrom dan Mike Krieger. Sampai saat ini, Instagram yang berbasis di San Francisco tercatat baru memiliki 13 orang karyawan.

2. Pihak Instagram menyatakan saat ini terdapat 30 juta pengguna aplikasinya yang mengupload lebih dari 5 juta foto baru setiap hari. Padahal pada Desember 2011, jumlah penggunanya masih 15 juta. Sampai akhir 2011, sudah 400 juta foto diposting ke Instagram

3. Instagram diluncurkan sebagai aplikasi di App store pada tanggal 6 Oktober 2010. Kemudian pada 3 April 2012, aplikasi ini diluncurkan di toko aplikasi Google Play untuk pengguna sistem operasi Android.

4.Instagram dinobatkan sebagai App of The Year 2011 di Apple iTunes.

5. Lima besar negara dengan pengguna Instagram paling banyak adalah Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Spanyol, Jerman dan Inggris.

6. Facebook membeli Instagram senilai USD 1 miliar. Dengan jumlah 30 juta anggota, berarti setiap anggota Instagram bernilai sekitar USD 33.

7. Kevin Systrom, salah satu pendiri Instagram pernah bekerja di Google. Ia juga pernah mendapat tawaran kerja di Facebook pada tahun 2004, namun ia menolaknya.

8. Instagram langsung menjadi aplikasi populer di Android. Sebanyak satu juta unduhan dilakukan user Android dalam 12 jam ketersediaan Instagram di toko aplikasi Google Play.

Pendiri Instagram Jadi Orang Kaya Baru

Uang dan saham senilai USD 1 miliar atau Rp 9,1 triliun akan dikeluarkan Facebook demi menebus Instagram. Jumlah yang tidak sedikit ini tentu saja bakal membuat pendiri Instagram jadi kaya mendadak.

Instagram telah menjadi aplikasi berbagi foto populer, di mana usernya bisa menambah berbagai filter dan efek dari gambar yang sudah dijepretnya. Dari total 30 juta pengguna, beberapa berstatus selebritis seperti Hilary Duff, Mandy Moore dan Jessica Alba.

Instagram pun disinyalir menjadi rival Facebook karena semakin populer untuk membagikan foto, salah satu fitur unggulan di Facebook. Mungkin ini juga menjadi salah satu alasan Facebook membeli Instagram dengan harga cukup tinggi.

Instagram didirikan oleh dua orang pemuda, Kevin Systrom dan Mike Krieger, keduanya alumnus Stanford University. Kevin yang menjabat sebagai CEO memang sudah tertarik dengan fotografi sejak di universitas. Awal mulanya dia membuat layanan photo sharing bernama Burbn di mana Krieger menjadi penggemarnya. Lalu keduanya bertemu, bertukar ide dan akhirnya sepakat membuat Instagram. Untuk diketahui, keduanya malah belum pernah bertemu di kampus.

Satu yang pasti, Kevin dan Mike kini masuk dalam lingkungan orang super kaya berkat akuisisi Instagram yang cukup mahal oleh Facebook. Bagi para pengguna Instagram, Kevin menjanjikan layanan ini akan tetap berfungsi seperti biasa meski telah dibeli Facebook.

"Instagram tidak akan kemana-mana. Kami akan bekerjasama dengan Facebook untuk mengembangkan Instagram dan membangun jaringan. Kami akan terus menambahkan fitur baru dan menemukan cara baru untuk menciptakan pengalaman foto mobile yang lebih baik. Aplikasi Instagram tetap akan sama seperti yang sudah Anda ketahui dan cintai," kata dia.

Kabarnya Kevin memiliki 40% saham Instagram sehingga dengan pembelian tersebut, dia berhak atas uang USD 400 juta. Kemudian Mike punya 10% saham sehingga dia meraup uang USD 100 juta. Sisanya akan dimiliki oleh para investor Instagram seperti Benchmark Capital dan Baseline Ventures.

Sumber : detikINET

   Google Plus