Tembus 500 Juta, Pengguna Twitter Kejar Facebook


Kategori : Umum

Pengguna Twitter saat ini mencapai angka 500 juta orang. Persaingan kian ketat, Twitter sepertinya tak lama lagi mengalahkan rivalnya Facebook untuk urusan jumlah pengguna.

Laporan yang dirilis GlobalWebIndex menyebutkan, pada akhir 2012, jumlah pengguna situs mikroblogging tersebut melesat ke angka 485 juta. Naik dari enam bulan sebulannya, 402 juta.

Dengan pertumbuhan terus menerus seperti ini, Twitter diprediksi tak lama lagi akan bisa menyalip Facebook untuk urusan jumlah pengguna. Facebook sendiri saat ini tercatat jumlah penggunanya lebih dari 1 miliar.

GlobalWebIndex yang dilansir TechRadar, Kamis (31/1/2013) mengatakan, jumlah orang yang memiliki akun Twitter kini berada di urutan ketiga dari daftar populasi internet global.

Dari 500 juta pengguna situs 140 karakter ini, ada 288 juta orang yang merupakan pengguna aktif. Angka ini naik 40 persen dalam enam bulan terakhir. Hal paling menarik dari data ini adalah pertumbuhan Twitter yang sangat cepat.

Lompatan jumlah pengguna aktifnya melampaui progress Facebook. Selama periode yang sama, situs besutan Mark Zuckerberg ini mengalami pertumbuhan 33 persen menjadi 693 juta pengguna aktif.

"Sebanyak 21 persen dari populasi internet global kini menggunakan Twitter secara aktif setiap bulannya," tulis GlobalWebIndex dalam laporannya.

Apakah pertumbuhan pengguna Twitter turut disumbang oleh pengguna Facebook yang kini beralih? Tidak ada informasi mengenai dugaan ini. Hanya saja, laporan ini memberikan referensi informasi lain yang menyebutkan Facebook kehilangan 600 ribu pengguna di Inggris pada Desember silam.

GlobalWebIndex juga menyebutkan, Google+ kini punya 343 juta pengguna aktif. Layanan milik Google ini berada di nomor dua daftar jumlah pengguna aktif jejaring sosial.

Sumber : Detikinet.com

   Google Plus