Ternyata Pengucapan GIF Selama Ini Keliru


Kategori : Umum

Pengguna awam sampai yang berkutat dengan animasi pasti mengetahui salah satu format gambar jenis Graphics Interchange Format atau GIF. Tapi tahukah Anda, selama ini sebagian besar dari pengguna mengucapkannya dengan keliru.

Selama ini kita mengucapkan 'GIF' dengan permulaan 'G' ditekan dan mengabur seperti mengucapkan 'Gift', tapi menghilangkan pengucapan 't'. Inilah yang disebut pencipta GIF Steve Wilhite selama ini salah.

Dikutip detikINET dari Huffington Post, Whilhite mengatakan pengucapan 'GIF' yang betul adalah 'jif'.

"Kamus Oxford English Dictiionary menerima pengucapan itu. Namun mereka salah. Karena pengucapannya adalah pelembutan dari huruf 'G' diucapkan 'jif'," tegas Wilhite.

GIF telah ada sejak tahun 1987, diciptakan sebagai salah satu cara pertama untuk menghidupkan gambar dengan ukuran file yang kecil.

Wilhite membutuhkan sekitar satu bulan untuk mengembangkan prototipe gambar pertama dari pesawat saat bekerja di CompuServe.

Lebih dari 26 tahun kemudian GIF masih menjadi salah satu format yang paling populer dan 'bertanggung jawab' atas ribuan meme dan video yang bertebaran di dunia maya.

Jadi, jangan sampai salah ucap lagi ya!

Sumber : detikinet

   Google Plus